Selasa, 24 Mei 2011

Jamu Untuk Ayam Bangkok Laga

sama seperti manusia, ayam bangkok juga butuh jamu agar stamina konstan saat bertarung. Tidak mudah lelah dan pukulan tetap stabil.

secara fisik, ada ciri ayam bangkok yang memiliki pernafasan bagus. Yaitu ayam bangkok yang jarak tulang dadanya dengan supit hanya satu atau dua jari. Saat bertarung ayam dengan ciri ini umumnya tidak mudah lelah. Jika jaraknya sampai tiga jari, ayam kebanyakan mudah ngellak. Ciri kedua, bentuk rabun dibawah burit ayam agak datar tidak kendur seperti betina mau bertelur. Untuk jamu tahan nafas, cukup diberi satu butir kuning telur ayam kampung atau bebek dicampur bubuk kopi secukupnya. Lalu disepet ke mulut ayam.

Jamu kuning telur plus kopi ini sering juga digunakan para pengadu burung dara. Fungsinya sama agar burung dara punya nafas yang baik. Jamu ini cukup diberikan seminggu atau dua minggu sekali. Untuk melihat hasilnya, ayam dijemur di panas yang terik, apakah cepat ngellak lelah atau tidak.

Kedua jamu agar stamina ayam bangkok baik. Yaitu kuning telur dicampur kunyit dan kuncih secukupnya.

Ketiga jamu agar kandungan lendir dalam leher ayam bangkok berkurang yaitu rebuskan daun sirih 10 lembar atau lebih. Kemudian dijadikan minuman ayam bangkok minimal dua kali sehari. Minuman air rebusan daun sirih ini sering digunakan pecinta ayam begisar supaya suara tetap lantang dan lendir berkurang.

Keempat jamu ayam cacingan. Yaitu biji buah pinang muda ditumbuk halus dan dicampur gula merah seujung kuku, tidak boleh kebanyakan. Jika memang cacingan, biasanya beberapa menit setelah diberi ayam langsung beol dan yang keluar seperti mie instan rebus dari pantatnya. Kalau sudah keluar langsung dimusnahkan karena bila dibiarkan biasanya ayam akan mematuknya kembali. Ciri ayam cacingan biasanya dari matanya selalu muncul busa atau buih. Jamu ini cukup sekali saja.

Kelima nafsu makan ayam. Di Madura biasanya dikasih seruas temu ireng yang diparut lalu disuapkan ke mulut ayam. Jamu ini cukup tiga hari sekali atau sepekan sekali. Jika terlalu sering, malah membuat ayam down atau kurus dan lemas.

Keenam obat ayam bangkok yang matanya kena jalu yaitu bersihkan lebih dahulu mata yang luka, lalu ditetesin getah daun ubi rambat yang masih muda. Biasanya tiga hari sudah sembuh.

Info jamu ini hasil tanya kanan-kiri lebih dari 20 orang penyabung ayam di Bangkalan Madura. semoga bermamfaat. Salam........

12 komentar:

Anonim mengatakan...

mau tanya mas ini tanya ilmu hee..bagaimana caranya membuat jamu kuning telur plus kopi.telur ayam kampung apa telur bebek.terus kopinya ukurannya seberapa.terimakasih mas MUSTHOFA BISRI atas bantuannya wassalam.saya tunggu jawabannya di blog ini.

MUSTHOFA BISRI mengatakan...

kuning telur dan bubuk kopi yang disatukan, dipercaya bisa membuat nafas ayam bagus, tidak mudah ngos-ngosan saat tarung. cara membuatnya ambil kuning telurnya,taruh dalam gelas, lalu kasih bubuk kopi satu sendok makan dan diaduk. kalau saya biasanya pakai telur ayam, kalau telur bebek takut kolestrol mas... heeeee

andai.satu mengatakan...

Salam knl mas Musthofa Bisri..
Saya sudah lama hoby ayam, namun baru skrg nyari pencerahan via web.
Kl secara alami, jamu apa atau extract tumbuhan apa yg dpt diberikan kpd ayam aduan agar ayam tahan sakit??
Sebelumnya, trims atas pencerahannya mas..
Mas Musthofa emailnya apa mas?

MUSTHOFA BISRI mengatakan...

email saya, musthofabisri@gmail.com

saya belum pernah tahu ada obat atau herbal yang bisa membuat ayam kebal dari penyakit. ayam itu bagi saya nasib-nasiban, kalau selamat dr penyakit, ya selamat, kalau tidak berarti belum beruntung. Sebab saya mengalami, ayam saya sangat sehat, tiba-tiba terserang flu, besok langsung is dead.

kalau ditempat saya lagi musim ayam sakit punya tetangga, yang saya lakukan adalah tidak mengumbar ayam sama sekali, biarkan tetap dalam kurungan sampai wabah penyakit pergi. jika ada yang tampak mulai sakit, saya hanya kasih minum larutan cap kaki tiga sampai kenyang. jika setelah dispet larutan ayam langsung boker, 60 persen kemungkinan besar sembuh.jangan lupa, saat musim penyakit, pastikan ayam anda selalu dalam kondisi kenyang, kalau bisa minumnya diberi minum air masak.

ada teman saya yang ayamnya selalu
selamat dari penyakit, dia bilang ke saya caranya adalah, bila ada ayam mengeram dan telurnya tidak menetas,ambil telurnya dana tanam di setiap sudut pekarangan rumah kita. tidak ada salahnya mencoba meski agak klenik.... semoga bermamfaat.....

ayamjagoan mengatakan...

Posting yang mantap ini mas.... salam Hobbi....

jagoan menoreh mengatakan...

mantaps (Y)

Ceking C Jalu mengatakan...

ok mas bro,slm kenal.,mg brmanfaat., sukses n jaya sll.

M. Horis mengatakan...

mantap mas! Sbg tambahan ilmu.
tp x ingin saya taxakan adalah obat ayam x suaraxa hilang gara2 ngorok. Tp lok makanxa dah normal mas,skrg tinggal suaraxa x msh ilang!

decky prasetya mengatakan...

info yg sangat bermanfaat.

ari chandra mengatakan...

Slam kenal mas,,gini ayam saya pernah lumpuh,tapi skrg udah sembuh,,tp qo' pukulannya rada berkurang nggax kencang sperti sbelumnya..kira2 apa obat atau therapinya mas?trm kasih..

andrean s mengatakan...

Ad tambahan lg mas.. ini pengalaman saya dari para botoh.. ayam akan kebal 70 persen jika kita memberi jamu yang teratur.. tapi bukan stiap hari juga mas.. bisalah d sesuaikan.. lalu penjemuran yang teratur juga.. lalu yang terpenting adalah bagai mana kita menjaga keseterilan kandang dan area.. rajin rajin semprot dengan anti septik.. lalu di sarankan untuk mempunyai area umbaran khusus bukan d umbar lepas d tmpt umum.. karena bisa trjangkit dari ayam kampung yang di umbar.. agak ribet memang.. tapi saat ini saya jarang mengalami ayam saya yang mati konyol.. d saat peternak lain kepusingan ayam nya mati konyol.

Jika ada ksalahan tolong masukan nya mas.. saya juga blajar ko.. trimakasih

Anonim mengatakan...

Kalau habis lumpuh memang biasanya susah kembali pukulannya, bisa kembali normal sehabis mabung atau ngurak. Coba diumbar bebas dulu, jangan lupa betisnya diolesi kapur dicampur gambir. Salam